...

HARI SABAT & KOLOSE 2:16

Telegram
WhatsApp
Facebook
Twitter

Col 2:16  Let no man therefore judge you in meat, or in drink, or in respect of an holyday, or of the new moon, or of the sabbath days

  • Pelajaran ini akan membuktikan bahwa “the sabbath days” di Kolose 2:16 adalah hari Sabat mingguan bukan tahunan.
  • Hari Sabat tahunan kita baca di buku Imamat 23:39.
Lev 23:39  Also in the fifteenth day of the seventh month, when ye have gathered in the fruit of the land, ye shall keep a feast unto the LORD seven days: on the first day shall be a sabbath, and on the eighth day shall be a sabbath

  • Ayat ini adalah ayat “the feast of tabernacle” yang dirayakan pada bulan ke-7 selama 8 hari.
  • Hari pertama dan kedelapan adalah hari Sabat.
  • Hari Sabat di Imamat 23:39, hari pertamanya selalu jatuhnya pada hari ke15 bulan ke-7; hari ke-15 itu tidak mengikuti siklus mingguan “weekly cycle” sehingga jatuhnya setiap tahun bisa pada hari pertama, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, atau ke-7.
  • Kita tau hari Sabat mingguan SELALU jatuhnya pada hari ke-7.
  • Hari Sabat tahunan tidak selalu jatuhnya pada hari ke-7.
  • Hari Sabat mingguan ADALAH hari ketujuh.
Exo 20:10  But THE SEVENTH DAY is THE SABBATH of the LORD thy God: in it thou shalt not do any work, thou, nor thy son, nor thy daughter, thy manservant, nor thy maidservant, nor thy cattle, nor thy stranger that is within thy gates:

On the seventh day of the first week God rested from his work, and then blessed the day of his rest, and set it apart for the use of man. The WEEKLY CYCLE of seven literal days, six for labor and the seventh for rest, which has been preserved and brought down through Bible history, originated in the great facts of the first seven days.

Pada hari ke7 dari minggu pertama, Tuhan beristirahat dari pekerjaan-Nya, dan memberkati hari itu, dan memisahkan hari itu untuk manusia. Siklus mingguan yang terdiri dari 7 literal hari, enam hari untuk bekerja dan yang ketujuh untuk beristirahat, yang di jaga keutuhannya sampai sekarang, asal usulnya dari tujuh hari pertama [minggu pertama].

THE SAME FOREVER

He who is THE SAME yesterday, today, and FOREVER has declared of the seventhday Sabbath: “It is a sign between me and you throughout your generations.” “It is A SIGN…. FOREVER.” Exodus 31:13, 17. {RH November 20, 1913, par. 4}

  • Kristus SELALU SAMA, dulu, sekarang, dan untuk SELAMALAMANYA
  • Kristus-lah yang mengumandangkan dari bukit Sinai 10 hukum.
  • Hari Sabat, hari ke-7, adalah jantung 10 hukum. 
  • Untuk meniadakan hukum ke-4 ialah untuk meniadakan 10 hukum Tuhan

THE LAW OF GOD in the sanctuary in heaven is the great original, of which the precepts inscribed upon THE TABLES OF STONE and RECORDED BY MOSES in the Pentateuch were AN UNERRING TRANSCRIPT. Those who arrived at an understanding of this important point were thus led to see the sacred, unchanging character of the divine law. They saw, as never before, the force of the Saviour’s words: “Till heaven and earth pass, one jot or one tittle shall in no wise pass from the law.” Matthew 5:18. THE LAW OF GOD, being A REVELATION OF HIS WILL, A TRANSCRIPT OF HIS CHARACTER, must FOREVER endure, “as a faithful witness in heaven.” Not one command has been annulled; not a jot or tittle has been changed. Says the psalmist: “FOREVER, O Lord, Thy word is settled in heaven.” “All His commandments are sure. They stand fast FOR EVER and EVER.” Psalm 119:89; 111:7, 8.

Hukum Tuhan di kaabah di surga adalah aslinya, yang mana prinsipprinsipnya ditulis di 2 loh batu dan yang  ditulis oleh Musa di buku Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan adalah pengungkapan tepat dari kehendak Bapa dan karakter-Nya.

Hukum Tuhan, yang mana hari Sabat hari ke-7 adalah jantung hukumnya, akan tetap berlaku untuk selamalamanya, sebagaimana Bapa di surga selalu ada dan tidak ada akhirnya.

  • Untuk merubah hukum-Nya [Sabat] ialah untuk merubah karakter-Nya.
  • Untuk memakukan hukum-Nya [Sabat] ialah untuk memakukan karakter-Nya.
  • Untuk meniadakan hukum-Nya [Sabat] ialah untuk meniadakan kehendak-Nya.

COLOSSIANS 2:16

Col 2:16  Let no man therefore judge you in meat, or in drink, or in respect of an holyday, or of the new moon, or of the sabbath days

  • Pertanyaannya, apakah “the sabbath days” di Kolose 2:16 sabat mingguan [Keluaran 20:8] atau sabat tahunan [Imamat 23:39]
  • Kata sabbath di Kolose 2:16 adalah “sabbaton” bahasa Grikanya, yang diambil dari kata Ibrani [H7676; shabbath].
  • Sabbath Grika [G4521; sabbaton]
  • Sabbath Ibrani [H7676; shabbath]
  • Jadi kalau orang Ibrani bilang shabbath, orang yang menterjemahkan ke bahasa Grika bilang sabbaton.
  • Kata “sabbath” di Kolose 2:16 artinya sama dengan kata “sabbath” di Keluaran 20:8 dan 10.
  • Kata “sabbath” itu adalah hari Sabat hari ke7, yang adalah jantung 10 hukum.
  • Hukum Tuhan yang adalah pengungkapan dari karakter-Nya [transcript] dan kehendak-Nya [will] akan untuk selama-lamanya tetap ada.
  • Untuk mengatakan bahwa “meat and drink” di Kolose 2:16 sudah dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus ialah untuk mengatakan bahwa hukum moral Tuhan dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus tahun 31AD. 
  • Untuk mengatakan bahwa yang dipakukan adalah hari Sabat tahunan [Imamat 23:39] ialah untuk mengatakan bahwa “feasttahunan sudah dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus, sehingga tidak perlu untuk dipelihara setelah kematian-Nya di kayu salib.
  • Pertanyaannya, apakah feasttahunan [the yearly feasts] dipakukan ke kayu salib tahun 31AD?
  • Kita baca di Kolose 2:16 untuk menjawab pertanyaan itu.
Col 2:16  Let no man therefore judge you in meat, or in drink, or in respect of AN HOLYDAY, or of the new moon, or of the sabbath days: 
  • Arti kata “an holyday” di Kolose 2:16 adalah “A FESTIVAL, feast“.
  • Pertanyaannya, apa arti kata “feast atau festival“?
  • Kata “feast” di 1 Korintus 5:8 sama katanya dengan kata “an holyday” di Kolose 2:16.
  • Waktu rasul Paulus bilang mari kita memelihara “the feast”, itu sama dengan dia bilang mari kita pelihara “an holyday” [A FESTIVAL, a feast]. 
  • Kata feast [1 Korintus 5:8] dan an holyday [Kolose 2:16] sama artinya dengan kata “feast” di Lukas 2:41, yang artinya “A FESTIVAL”
  • Contoh feast ini adalah feast tahunan [yearly feast] adalah Passover
  • Kata Passover di Lukas 2:41 diambil dari kata Passover di Imamat 23:5, yang artinya “A FESTIVAL
  • Kita mengerti bahwa Passover adalah feast tahunan [yearly feast]

Luk 2:41  Now his parents went to Jerusalem EVERY YEAR [feast tahunan; yearly feasts] at the feast [G1859; A FESTIVAL] of the passover [G3957]. 

  • G3957 pas’-khah Of Chaldee origin (compare [H6453]); the Passover (the meal, the day, THE FESTIVAL or the special sacrifices connected with it): – Easter, Passover.

Lev 23:5  In the fourteenth day of the first month at even is the LORD’S passover [H6453]. 

  • H6453 peh’-sakh From H6452; a pretermission, that is, exemption; used only technically of the Jewish Passover (THE FESTIVAL or the victim): – passover (offering).

Artinya, kata “FEAST” di 1 Korintus 5:8 adalah “AN HOLYDAY” di Kolose 2:16, yang adalah “A FESTIVAL” atau “FEAST TAHUNAN“.

  • Artinya di Kolose 2:16, hari Sabat hari ke7 dan feast tahunan [yearly feasts] tidak dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus.
  • Pertanyaannya, apakah Sabat tahunan dipakukan atau tidak dipakukan ke kayu salib?

THE YEARLY FEASTS

Lev 23:34, 35, 39  Speak unto the children of Israel, saying, The fifteenth day of this seventh month shall be the feast of tabernacles for seven days unto the LORD. On the first day [15th] shall be an holy convocation: ye shall do no servile work therein. Also in the fifteenth day of the seventh month, when ye have gathered in the fruit of the land, ye shall keep a feast unto the LORD seven days: on the first day shall be A SABBATH [H7677], and on the eighth day shall be A SABBATH [H7677]. 

  • Feast of tabernacles adalah feast tahunan [yearly feasts] yang dirayakan selama 8 hari.
  • Hari pertama [tanggal 15] dan hari terakir [tanggal 22] adalah Sabat [Sabat tahunan]
  • Hari Sabat di Imamat 23:39 adalah Sabat tahunan, bukan Sabat mingguan.
  • Sabat mingguan [H7676] berbeda dari Sabat tahunan [H7677].
  • Sabat mingguan adalah hari ke7; sementara Sabat tahunan bisa jatuh pada hari apa saja dari tahun ke tahun.
  • Tanggal 15 bulan ke-7 bisa jatuh pada hari pertama, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, atau ke-7; sementara hari Sabat di Kolose 2:16 selalu jatuhnya pada hari ke7 sejak minggu pertama penciptaan, dan akan selalu demikian untuk selama-lamanya.

On the seventh day of the first week God rested from his work, and then blessed the day of his rest, and set it apart for the use of man. The weekly cycle of seven literal days, six for labor and the seventh for rest, which has been preserved and brought down through Bible history, originated in the great facts of the first seven days.

  • Hari Sabat di Imamat 23:39 selalu jatuhnya hari ke-15 bulan ke-7 dan hari ke-22 bulan pada bulan yang sama.
  • Jarak antara kedua hari Sabat itu 7 hari, sementara jarak antara hari Sabat [ke-7] ke hari Sabat [ke-7] adalah selalu 6 hari. 
  • Ini buktinya bahwa hari Sabat tahunan beda dari hari Sabat mingguan.
  • Namun Sabat tahunan [Kolose 2:16-an holyday] dan Sabat mingguan [Kolose 2:16] tidak dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus.
  • Kedua-duanya masih di pelihara setelah kematian Kristus di kayu salib.
  • Setiap tahun, Sabat tahunan [H7677] jatuhnya pada hari yang berbeda dari tahun sebelumnya, sementara hari Sabat mingguan, hari ke-7 [H7676] selalu jatuhnya pada hari ke7.
  • Perlu diulang kembali; di buku Kolose 2:16, hari Sabat mingguan, hari ke-7, dan hari Sabat tahunan [bagian dari feast tahunan: an holyday] perlu untuk dikeep” setelah kematian Kristus di kayu salib.
  • Yang tidak perlu dikeep” adalah upacara “the ceremonial law” yang sudah dihentikan tahun 31AD.
  • The ceremonial law yang dihentikan adalah upacara persembahan korban binatang [offering and sacrifices], pelayanan iman orang Lewi [priestly ministry], dan kaabah di bumi [earthly sanctuary].

Many in the Christian world also have a veil before their eyes and heart. They do not see to the end of that which was done away. They do not see that it was ONLY THE CEREMONIAL LAW which was ABROGATED at the death of Christ. They claim that the moral law was nailed to the cross. Heavy is the veil that darkens their understanding.

THE NO WORK DIFFERENCE

Lev 23:34, 35 Speak unto the children of Israel, saying, The fifteenth day of this seventh month shall be the feast of tabernacles for seven days unto the LORD. On the first day [Sabbath H7677] shall be an holy convocation: ye shall do NO SERVILE WORK therein. 

Exo 20:10  But the seventh day is the sabbath [H7676] of the LORD thy God: in it thou shalt NOT DO ANY WORK, thou, nor thy son, nor thy daughter, thy manservant, nor thy maidservant, nor thy cattle, nor thy stranger that is within thy gates: 

  • Disini kita lihat perbedaan antara Sabat mingguan [H7676] dengan Sabat tahunan [H7677].
  • Perbadaannya dalam hal pekerjaan; pada hari Sabat mingguan, kita diperintahkan untuk tidak bekerja [yang menghasilkan upah dan pekerjaan tanpa upah]; sementara pada hari Sabat tahunan, kita diperintahkan hanya untuk tidak bekerja [yang menghasilkan upah; servile work].

THE CONDITION

Rev 22:14  BLESSED are they that DO his commandments, that they may have right to the tree of life, and may ENTER IN through the gates into the city

  • Diberkatilah mereka yang MELAKUKAN perintah-perintahNya. BUKAN terkutuklah yang melakukan hukum-hukum Tuhan.

It is plainly stated that the CONDITION of gaining ETERNAL LIFE is OBEDIENCE to the commandments of God. {RH October 26, 1897, par. 4}

  • Syarat untuk memperoleh kehidupan kekal adalah penurutan terhadap hukum-hukum Tuhan.

The great gift of SALVATION is freely offered to us, through Jesus Christ, on CONDITION that we OBEY THE LAW OF GOD; and individually we are to accept the terms of life with the deepest humiliation and gratitude. None will ever ENTER THE CITY OF GOD who do not reverence THE STATUTES of its government; {ST December 15, 1887, par. 10}

  • Mereka yang akan memasuki pintu gerbang surga adalah mereka yang memelihara the statute“.
  • Dan “statutes” ini adalah hukum Musa, yang perlu untuk dikabarkan di akhir zaman sebelum kedatangan Kristus ke2 kali di awan-awan nanti.
  • Artinya hukum Musa tidak dipakukan ke kayu salib-Nya Kristus.

Mal 4:4, 5  REMEMBER ye the law of Moses my servant, which I commanded unto him in Horeb for all Israel, with the STATUTES and judgments. Behold, I will send you Elijah the prophet before the coming of the great and dreadful day of the LORD: 

The condition: do His commandments keep His statutes obey His laws

The closing words of Malachi are a prophecy regarding THE WORK that should be DONE PREPARATORY to the first and THE SECOND ADVENT of Christ. This prophecy is introduced with the admonition, “REMEMBER ye the law of Moses my servant, which I commanded unto him in Horeb for all Israel, with the STATUTES and JUDGMENTS.

  • Jadi pertanyaannya; apa fungsi the statutes” yang Kristus berikan kepada umat Israel melalui  Musa?

In consequence of continual transgression, the moral law was repeated in awful grandeur from Sinai. Christ gave to Moses RELIGIOUS PRECEPTS which were to govern the everyday life. THESE STATUTES were explicitly given to GUARD the ten commandments. They were NOT SHADOWY TYPES to pass away with the death of Christ. They were to be BINDING upon man in every age as long as time should last. These commands were enforced by the power of the moral law, and they CLEARLY and DEFINITELY EXPLAINED that law [the moral law]. {RH May 6, 1875, par. 10}

  • Statutes adalah prinsip-prinsip 10 hukum. yang walaupun tidak tertulis di 2 loh batu, tetapi adalah bagian daripada hukum moral Tuhan.
  • Contohnya: walaupun 10 hukum tidak mengatakan bahwa perzinahan terjadinya didalam hati pikiran manusia, namun untuk menginginkan istri orang lain didalam pikiran, orang itu sudah berzinah dan melanggar hukum ke7.
  • Statutes yang diberikan kepada Musa untuk dikomunikasikan kepada umat Tuhan adalah prinsipprinsip 10 hukum secara tertulis, yang ditulis oleh tangan Musa, yang diinstruksikan kepadanya oleh Kristus.
  • Statutes ini diberikan karna umat Israel terus menerus melanggar 10 hukum, karna mereka tidak mengerti prinsip-prinsipnya. Dan itulah sebabnya statutes ini diberikan secara tertulis, agar mereka dapat mengerti prinsip-prinsipnya, dan tidak melanggar lagi 10 hukum moral Tuhan.
  • Hukum Tuhan [hukum ke-7] katakan, “Jangan berzinah.” [Mat 5:27]
  • Statutes mendefinisikan dengan jelas apa artinya untuk tidak berzinah. Jangan menginginkan istri orang lain didalam pikiranmu. [Mat 5:28]
  • Statutes ini adalah hukum Tuhan yang ditulis [prinsip-prinsipnya] oleh Musa. Statutes ini bukan hukum Musa, tetapi adalah hukum Tuhan.

Statutes: menjelaskan 10 hukum mendefinisikan 10 hukum mengklarifikasi 10 hukum adalah prinsip-prinsip 10 hukum

FOR OUR GOOD

Exo 16:25  And Moses said, Eat that to day; for to day is a sabbath unto the LORD: to day ye shall not find it in the field
Exo 16:26  Six days ye shall gather it; but on the seventh day, which is the sabbath, in it there shall be none
Exo 16:27  And it came to pass, that there went out some of the people on the seventh day for to gather, and they found none. 
Exo 16:28  And the LORD said unto Moses, How long refuse ye to keep my commandments and my laws

  • Umat Israel diinstruksikan untuk tidak mengumpulkan “manna” pada hari Sabat hari ke7, karna mereka tidak akan menemukannya para hari Sabat.
  • Namu ada diantara mereka yang tidak menghiraukan instruksi yang diberikan; mereka keluar dari tenda mereka untuk mengumpulkan “manna” pada hari Sabat dan tidak menemukannya.
  • Lalu Tuhan mengatakan kepada Musa, berapa lama kamu [umat Israel] menolak untuk memelihara perihtahperintah dan hukumhukumKu?

Therefore to him that knoweth to do good, and doeth it not, to him it is sin. For by the law is the knowledge of sinSin is the transgression of the law.

  • Dengan mereka tidak melakukan apa yang mereka tau benar [tidak mengumpulkan manna pada hari Sabat], mereka berdosa
  • Dosa adalah pelanggaran hukum Tuhan [10 hukum].
  • Artinya, sebelum mereka mendengar 10 hukum dikumandangkan dari bukit Sinai, mereka sudah melanggar 10 hukum.
  • Mereka tidak mengerti prinsip-prinsip 10 hukum disebabkan oleh pengaruh perbudakan di Mesir.
  • Oleh sebab itu, Kristus memberikan prinsip-prinsip 10 hukum [statutes and judgements] melalui Musa untuk ditulis di buku Musa, agar mereka tidak terus menerus melanggar “the ten commandments”.

In consequence of continual transgression, the moral law was repeated in awful grandeur from Sinai. Christ gave to Moses RELIGIOUS PRECEPTS which were to govern the everyday life. THESE STATUTES were explicitly given to GUARD the ten commandments. They were NOT SHADOWY TYPES to pass away with the death of Christ. They were to be BINDING upon man in every age as long as time should last. These commands were enforced by the power of the moral law, and they CLEARLY and DEFINITELY EXPLAINED that law [the moral law]. {RH May 6, 1875, par. 10}

  • Statutes adalah prinsip-prinsip 10 hukum. yang walaupun tidak tertulis di 2 loh batu, tetapi adalah bagian daripada hukum moral Tuhan.
  • Contohnya: walaupun 10 hukum tidak mengatakan bahwa perzinahan terjadinya didalam hati pikiran manusia, namun untuk menginginkan istri orang lain didalam pikiran, orang itu sudah berzinah dan melanggar hukum ke7.
  • Statutes yang diberikan kepada Musa untuk dikomunikasikan kepada umat Tuhan adalah prinsipprinsip 10 hukum secara tertulis, yang ditulis oleh tangan Musa, yang diinstruksikan kepadanya oleh Kristus.
  • Statutes ini diberikan karna umat Israel terus menerus melanggar 10 hukum, karna mereka tidak mengerti prinsip-prinsipnya. Dan itulah sebabnya statutes ini diberikan secara tertulis, agar mereka dapat mengerti prinsip-prinsipnya, dan tidak melanggar lagi 10 hukum moral Tuhan.
  • Hukum Tuhan [hukum ke-7] katakan, “Jangan berzinah.” [Mat 5:27]
  • Statutes mendefinisikan dengan jelas apa artinya untuk tidak berzinah. Jangan menginginkan istri orang lain didalam pikiranmu. [Mat 5:28]
  • Statutes ini adalah hukum Tuhan yang ditulis [prinsip-prinsipnya] oleh Musa. Statutes ini bukan hukum Musa, tetapi adalah hukum Tuhan.
  • Pertanyaannya, statute apa yang Kristus berikan kepada umat Israel agar mereka mengerti prinsip dari hukum ke-4 hari Sabat?
  • Statute apa yang akan menjelaskan, mendefinisikan dan mengilustrasikan pemeliharaan kekudusan hari Sabat hari ketujuh?

Again the people were REMINDED of the sacred obligation of the Sabbath. YEARLY FEASTS were appointed, at which all the men of the nation were to ASSEMBLE before the Lord, bringing to Him their offerings of gratitude and the first fruits of His bounties. The object of all these regulations was stated: they proceeded from no exercise of mere arbitrary sovereignty; all were GIVEN FOR THE GOOD of Israel. The Lord said, “Ye shall be holy men unto Me”—worthy to be acknowledged by a holy God.

  • Agar umat Tuhan menjadi “holy“, Kristus menetepkan FEAST TAHUNAN untuk dipelihara.
  • Feast tahunan [yearly feasts] diberikan untuk mengilustrasikan kekudusannya hari Sabat hari ke-7.
  • Hanya mereka yang mengasihi Tuhan yang akan memelihara hukum-hukumNya [John 14:15].
  • Kita mengasihi Tuhan karna kita melihat Dia sudah terlebih dahulu mengasihi kita [1 John 4:19].
  • Kasih Bapa ditunjukan oleh AnakNya di kayu salib [1 John 4:9].
  • “The love of God” membangkitkan “the love for God”. Love melahirkan love.
  • Dengan memandang “the love of God”, kita dirubahkan menjadi serupa dengan karakterNya [2 Corinthians 3:18].
  • Apa yang Tuhan sudah tetapkan agar kita dapat memandang “the love of God”, agar kita “love God” dengan “perfect love“?
God teaches that we should ASSEMBLE in His house to cultivate the attributes of PERFECT LOVE. This will FIT the dwellers of earth for the mansions that Christ has gone to prepare for all who love Him. THERE they will ASSEMBLE in the sanctuary from Sabbath to Sabbath, from one new moon to another, to unite in loftiest strains of song, in praise and thanksgiving to Him who sits upon the throne, and to the Lamb for ever and ever. {6T 368.3}
  • Yang Tuhan sudah “appoint” adalah feast tahunan, dimana kita “assemble” bersama-sama untuk “behold the love of God“. Karna dengan memandang the perfect love of God“, kita dirubahkan menjadi serupa dengan Dia [PERFECT LOVE].
  • Cara Tuhan untuk membuat kita FIT untuk “assemble” disekitar takhta Bapa disana, ialah untuk kita “assembledisini, dari Sabat ke Sabat, bulan baru ke bulan baru, dan dari pertemuan tahunan ke pertemuan tahunan [yearly feasts].

Lev 23:34  Speak unto the children of Israel, saying, The fifteenth day of this seventh month shall be the feast of tabernacles [YEARLY FEAST] for seven days unto the LORD. 
Lev 23:41  And ye shall keep it A FEAST unto the LORD seven days in the year. It shall be A STATUTE for ever in your generations: ye shall celebrate it in the seventh month. 

  • Feast tahunan adalah A STATUTE for ever [Lev 23:41]
  • INGAT hukum Musa dengan STATUTES and judgments [Mal 4:4]
  • Hanya mereka yang memelihara 10 hukum yang akan memasuki pintu gerbang surga nanti [Rev 22:14].
  • Hanya mereka yang mengasihi Tuhan yang memelihara 10 hukum-Nya [Joh 14:15].
  • Hanya mereka yang memandang “the love of God” yang akan “love God” [1Jn 4:19]
  • Hanya mereka yang “assemble” pada waktu-waktu yang Tuhan sudah tetapkan [@ the appointed time] yang akan “cultivate perfect love” [6T 368.3].
  • Feast tahunan di “appoint” agar umat Tuhan menjadi holy” [PP 311.2].
  • Hanya mereka yang “holy” yang dapat memelihara 10 hukum Tuhan [DA 283.3].

But in order to keep the Sabbath holy [Exo 20:8], men must themselves be holy. Through faith they must become partakers of the righteousness of Christ. When the command was given to Israel, “Remember the Sabbath day, to keep it holy,” the Lord said also to them, “Ye shall be holy men unto Me.” Exodus 20:8; 22:31. Only thus [men themselves be holy] could the Sabbath distinguish Israel as the worshipers of God. {DA 283.3}

  • Hanya mereka yang memelihara 10 hukum Tuhan yang akan memasuki pintu gerbang surga nanti [Rev 22:14]

The great God of Heaven, our supreme Ruler, has rules, STATUTES, and laws. These laws govern not only the intelligences of Heaven, but they govern every member of the human family; and we read in my text: “Blessed are they that do his commandments, that they may have right to the tree of life, and may enter in through the gates into the city.” {ST September 8, 1887, par. 2}

Love God keep His commandments because He first loved us keep His statutes assemble at the appointed time enter in through the gates into the city

LET US KEEP THE FEAST

1Co 5:4  In the name of our Lord Jesus Christ, when ye are GATHERED TOGETHER, and my spirit, with the power of our Lord Jesus Christ, 
1Co 5:8  Therefore LET US KEEP THE FEAST, not with old leaven, neither with the leaven of malice and wickedness; but with the unleavened bread of sincerity and truth. 
1Co 5:11  But now I have written unto you not to keep company, if any man that is called a brother be a fornicator, or covetous, or an idolater, or a railer, or a drunkard, or an extortioner; with such an one no not  TO EAT

  • Oleh sebab Kristus sudah mati kematian kekal kita [menggantikan korban persembahan binatang], marilah kita memelihara feast tahunan [1Co 5:8], waktu kita berkumpul bersama [1Co 5:4] dengan “meat” dan “drink” [1Co 5:11]
Col 2:16  Let no man therefore judge you in meat, or in drink, or in respect of an holyday [feast tahunan termasuk Sabat tahunan], or of the new moon [bulanan], or of the sabbath days [mingguan]: 
 
  • Jangan kamu dihakimi karna kamu tidak mempersembahkan korban binatang [the ceremonial law] waktu kamu “meat and drink” pada waktu feast tahunan, pertemuan bulanan, dan pertemuan mingguan.
WELL would it be FOR US to have A FEAST OF TABERNACLES, a joyous commemoration of the blessings of God to us as a people. As the children of Israel celebrated the deliverance that God wrought for their fathers, and his miraculous preservation of them during their journeyings from Egypt to the promised land, so should the people of God AT THE PRESENT TIME gratefully call to mind the various ways he has devised to bring them out from the world, out from the darkness of error, into the precious light of truth. We should often bring to remembrance the dependence upon God of those who first led out in this work. We should gratefully regard the old way-marks, and refresh our souls with memories of the loving-kindness of our gracious Benefactor. {RH November 17, 1885, par. 14 }
 
  • Biklah bagi kita [umat Tuhan] SEKARANG “gather together” untuk memelihara “the feast”. 

Well would it be for us at the present time to have a feast of tabernacles

SEEK YE THE LORD

Isa 55:6 Seek ye the LORD while he may be found, call ye upon him while he is near: 

  • Carilah Tuhan sementara Dia masih dapat ditemukan.
  • Pertanyaannya, dimana Dia dapat ditemukan?
Mat 18:20  For where two or three are GATHERED TOGETHER in my name, THERE AM I in the midst of them.
  • Dimana umat Tuhan [dua atau tiga] berkumpul besama didalam nama-Nya, disitulah Kristus hadir [ditemukan].
We should improve every opportunity of placing ourselves in the channel of BLESSING. Christ has said, “Where two or three are GATHERED TOGETHER in My name, THERE AM I in the midst.” The convocations of the church, as in camp meetings, the ASSEMBLIES of the home church, and all occasions where there is personal labor for souls, are God’s APPOINTED opportunities for GIVING the EARLY and the LATTER RAIN. {TM 508.1}
 
  • Kristus hadir melalui Roh-Nya yang kudus [hujan awal dan akhir] dalam pertemuan-pertemuan ini.
  • Roh Kristus yang dilambangkan oleh hujan membersihkan kita dari noda-noda dosa kita, dan mempersiapkan kita untuk menerima hujan akhir, sebagaimana murid-murid menerimanya di hari Pentecost [Acts 2:1-4].
Not one of us will ever receive the seal of God while our characters have one spot or stain upon them. It is left with us to remedy the defects in our characters, to cleanse the soul temple of every defilement. Then the latter rain will fall upon us as the early rain fell upon the disciples on the Day of Pentecost. {5T 214.2}
 
  • Hanya mereka yang kedapatan tanpa satu cacat noda dosa yang akan menerima meterai Tuhan didahi [Rev 14:1].
  • Roh Kristus yang memeteraikan karakter Bapa didahi kita [Eph 4:30].
  • Dengan kita memandang karakter-Nya [the glory of the Lord], karakter kita dirubahkan menjadi serupa dengan karakter-Nya; dan pemetraian ini adalah pekerjaan Roh Kristus [1 Corinthians 3:18].
Zep 2:1  Gather yourselves together, yea, gather together, O nation not desired; 
Zep 2:2  Before the decree bring forth, before the day pass as the chaff, before the fierce anger of the LORD come upon you, before the day of the LORD’S anger come upon you. 
Zep 2:3  SEEK ye the LORD [Isa 55:6], all ye meek of the earth, which have wrought his judgment; SEEK righteousness [karakterNya], seek meekness: it may be ye shall be hid in the day of the LORD’S anger. 
 
  • Berkumpul berasama-sama pada waktu-waktu yang Tuhan sudah tetapkan ialah untuk memandang “the love of God“.
  • Carilah Dia sebelum terlambat; sebelum 7 tulah mulai berjatuhan; sebelum pintu kasihan tertutup.
  • Carilah sementara Dia masih bisa ditemukan.

Let all who possibly can, attend these yearly gatheringsCome, brethren and sisters, to these sacred convocation meetings, TO FIND JESUS. He will come up to THE FEAST. He will be present,  {2T 575.2}

SEEK YE THE LORD
Attend these yearly gatherings.
2T 575.2
SEEK YE THE LORD
Come to these sacred convocation meetings,
2T 575.2
SEEK YE THE LORD
To find Jesus.
2T 575.2
SEEK YE THE LORD
He will come up to the feast.
27 575.2
SEEK YE THE LORD
He will be present.
2T 575.2
Previous slide
Next slide
7

SABBATH

1. A great nation memelihara apa? Pilih jawaban yang salah.

2. Umat Israel sebelum bukit Sinai.

3. Hukum Musa ditambahkan kepada umat Israel setelah 10 hukum diberikan.

4. Tuhan tidak mengumandangkan "the statutes" dan "the judgments" dari bukit Sinai.

5. 10 hukum dibentangkan dari bukit Sinai.

6. Apa yang perlu dimakan sebagai lambang kehidupan kekal? Pilih jawaban yang salah.

7. Bagi mereka yang hilang, apa yang tersembunyi dari mata pandangan pikiran mereka? Pilih jawaban yang salah.

8. Religious precepts. Pilih jawaban yang salah.

9. Manna jatuhnya.

10. Shabbath.

11. Waktu-waktu yang Tuhan sudah tetapkan [the appointed time] untuk assemble [behold the love of God] dipakukan ke kayu salib.

12. 10 hukum diberikan dari bukit Sinai karna...

13. Apa yang Kristus berikan agar umat Tuhan tidak terus menerus melanggar hukum ke-4?

14. Hari  Sabat adalah hari ke...

15. G4521

16. Yang diberkati.

17. Hari Sabat tahunan.

18. 10 hukum diberikan agar mereka...

19. Hari Sabat mingguan adalah tanda untuk berapa lama?

20. The ceremonial law adalah apanya "the love of God" yang diungkapkan di kayu salibNya Kristus?

21. Roh Kristus dilambangkan oleh apa? Jawaban in Indo.

22. Persamaan 10 hukum dengan hukum Musa.

23. Apa yang diberikan agar umat Tuhan tidak melupakan kekudusan hari Sabat. Jawabannya in English.

24. Kata lain "holyday" di Kolose 2:16. Pilih jawaban yang salah.

25. 10 hukum mengandung hukum Musa.

26. Kondisi mereka sangat mirip dengan kondisi apa?

27. Hukum Musa...

28. Untuk assemble sekarang agar APA untuk assemble nanti.

29. Sabat Tahunan.

30. Feast tahunan.

31. Hukum Tuhan. Pilih jawaban yang salah.

32. Dosa hanyalah dosa jika yang dipikirkan dan yang diinginkan dilakukan.

33. Hukum Musa diberikan oleh siapa?

34. Setelah 10 hukum diberikan, mereka...

35. Feast tahunan dipakukan ke kayu salib tahun 31AD.

36. Untuk "remember the law of Moses" ialah...

37. Hari Sabat mingguan.

38. Kita sekarang untuk "meat and drink"...

39. Apa yang mereka mau kumpulkan pada hari Sabat?

40. Heortazo.

41. Yang dipakukan.

42. Yang mereka tidak mengerti dari 10 hukum.

43. Delapan hari perayaan.

44. Sabat tahunan.

45. Yang berakhir di kayu salib. Pilih jawaban yang salah.

46. Sabat tahunan di Kolose 2:16 ada di kata apa?

47. Prinsip-prinsip 10 hukum ditulis.

48. Prinsip-prinsip hukum Musa...

share this post

Randolph

Randolph

We are all to proclaim the commandments of God and the faith of Jesus. Jesus came to magnify the law, and make it honorable. He died to exalt the law of God, testifying of its changeless character; and as we proclaim God’s law, we may look unto Jesus and be comforted with the assurance, “Lo, I am with you always, even unto the end of the world.” {RH January 24, 1893, par. 3}

keep reading

compass, orientation, map-5261062.jpg

Jesus saith unto him, I am the way, the truth, and the life: no man cometh unto the Father, but by me.  John 14:6

YE ARE THE LIGHT OF THE WORLD
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.